Sambutan Ketua IGI Kalimantan Selatan


Assalamu ‘alaikum wr.wb.

Salam hangat pada semua guru di Indonesia khususnya yang berada di Kalimantan Selatan.

Sejak diresmikan tanggal 8 Maret 2010 di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kalimantan Selatan telah berjalan dan membuat berbagai aktivitas kegiatan sesuai dengan program yang sudah dicanangkan dalam rapat kerja pengurus IGI Kalsel tanggal 9 Maret 2010. Program pertama yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi keberadaan IGI Kalsel sebagai wadah (organisasi) profesi guru berdasarkan SK Menkumham AHU-125.AH.01.06 tahun 2009 tertanggal 26 November 2009.

Program sosialisasi ini dirasa sangat perlu agar guru-guru dan para pemerhati pendidikan di daerah ini dapat mengetahui dan memahami apa dan bagaimana IGI Kalsel itu sendiri. Sebelumnya, pengurus IGI Kalsel sudah membuat kerjasama dengan Flexi untuk membuat milis bagi guru-guru pengguna handphone flexi di Kalsel. Milis di flexi ini berguna untuk penyebaran informasi tentang berbagai kegiatan IGI Kalsel, atau kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pendidikan, berita-berita penting serta menjadi ajang silaturrahmi antar sesama guru. Fleximilis ini ternyata mendapat sambutan hangat dari para guru di Kalsel, hingga saat ini sudah berjumlah sekitar 500-an orang anggota dan terus bertambah setiap harinya.

Selain membuat jaringan fleximilis, IGI Kalsel juga telah membuat kerjasama dengan Harian Radar Banjarmasin untuk mengisi halaman ”Untukmu Guru” pada harian tersebut. Halaman ini terbit secara berkala seminggu sekali pada hari Minggu, di sekolah biasanya diantar oleh loper koran pada hari Senin. Media ini juga cukup efektif untuk menyuarakan hal-hal yang terkait dengan dunia pendidikan terutama pada kolom SMS IGI. Selanjutnya ada kolom sharing untuk berbagi pengalaman mengajar antar sesama guru, juga ada kolom media pembelajaran dan artikel/opini yang dikirim ditulis dan dikirim oleh para guru sendiri.

Pembuatan Blog juga menjadi prioritas dalam program IGI Kalsel. Sebelumnya sudah ada blog resmi organisasi - ketika organisasi ini masih memakai nama KLUB GURU INDONESIA (KGI). Seiring dengan perubahan nama organisasi (karena terbitnya SK Menkumham) maka IGI Kalsel melalui Divisi informasi dan komunikasi telah membuat blog baru dengan tampilan yang juga baru seperti yang anda lihat ini. Blog IGI Kalsel ini diharapkan juga akan menjadi media informasi dan komunikasi antar guru dan pemerhati pendidikan di daerah ini. Dengan berbagai content yang terkait dengan guru, diharapkan blog ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para guru.

Terakhir, saya ucapkan terima kasih kepada tim yang ada di divisi Informasi dan komunikasi; pak Ahsanul huda cs. yang sudah merancang dan menjalankan blog ini. Mudah-mudahan bisa selalu meng-up date blog ini sesuai dengan kebutuhan para guru di daerah ini.

Wasalam

Abdul Halim Rahmat
Ketua Umum IGI Kalsel

Comments :

0 komentar to “Sambutan Ketua IGI Kalimantan Selatan”

Posting Komentar